InPonsel Mobile
Awas! Prank Ini Bisa Bikin Akun Twitter Terkunci
Telset — 27 Mar 2019 15:56

Awas! Prank Ini Bisa Bikin Akun Twitter Terkunci

Jakarta – Sejak Senin (25/3/2019), ada prank di Twitter yang isinya menjanjikan pengguna Twitter mempunyai feed lebih berwarna, punya hak admin, juga akun terverifikasi. Syaratnya, pengguna mengubah tahun lahir di profil menjadi 2007.

Namun Anda jangan tergoda, karena aksi mengerjai tersebut bisa membuat akun Twitter pengguna terkunci.

Cuitan pertama yang menyebarkan prank itu mengiming-imingi skema warna tambahan di Twitter dan telah dicuit ulang lebih dari 16.000 kali.

Akan tetapi, seperti dikutip Telset.id, dari Cnet, Rabu (27/3/2019), pengguna yang melakukannya bakal menjadi korban penipuan. Pengguna dikerjai. Mengubah tahun kelahiran di profil Twitter menjadi 2007 justru membuat akun Twitter terkunci.

Gara-gara masalah tersebut, Twitter sampai turun tangan, memperingatkan pengguna untuk tidak lagi melakukannya. Sebab, syarat dan ketentuan Twitter secara tegas melarang pengguna berusia di bawah usia 13 tahun untuk mendaftar di platform.

Jika tahun lahir diganti menjadi 2007, maka usia maksimal pengguna akan menjadi 12 tahun pada 2019. Dan, hal tersebut akan membuat akun pengguna langsung terkunci. Namun, mayoritas pengguna tak menyadari dan jadi korban prank.

“Kami melihat ada prank yang mencoba membuat orang mengubah tahun kelahiran di profil menjadi 2007. Tolong, jangan pernah melakukannya. Kalau nekat, akun kalian akan terkunci karena masuk kategori usia di bawah 13 tahun,” jelas Twitter.

Ketentuan Twitter yang menyebut bahwa akun pengguna di bawah usia 13 tahun langsung terkunci secara otomatis telah diterapkan sejak tahun lalu. Aturan itu mengacu kepada General Data Protection Regulation yang diterapkan oleh Uni Eropa. [SN/HBS]

512
512