InPonsel Mobile
Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Asisten Google di Smartphone Android dan iOS
Gadgetren — 27 Mar 2019 17:30

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Asisten Google di Smartphone Android dan iOS

Gadgetren – “OK Google” sudah cukup akrab di telinga kita, apalagi bagi pengguna perangkat Android. Dengan mengucapkan kalimat sakti ini, kita bisa memerintah Asisten Google melakukan banyak hal.

Kita hanya perlu menambahkan kata perintah, pertanyaan atau informasi tertentu, dan secara otomatis Asisten Google akan mencari atau melakukan hal yang kita mau tersebut. Dengan “OK Google, buka WhatsApp” misalnya, kita bisa membuka WhatsApp tanpa perlu susah-susah mencari aplikasi perpesanan tersebut.

Asisten Google sangat bisa diandalkan dalam membantu tugas harian kita. Berbeda dari asisten digital versi sebelumnya, Google Now, Asisten Google bisa menangani tugas-tugas yang lebih kompleks karena terdapat sistem kecerdasan buatan di dalamnya.

Seperti asisten digital buatan Apple, Siri, Asisten Google bisa terlibat percakapan dua arah. Maksudnya, asisten digital ini bisa berbincang-bincang dengan kita, selayaknya kita berbincang-bincang dengan manusia.

Bahkan yang cukup menarik, dalam laporan AndroidAuthority pada bulan Juli 2018 lalu, Asisten Google bisa bekerja lebih baik dibandingkan asisten buatan Apple tersebut pada beberapa aspek.

  1. Tekan dan tahan tombol Home pada smartphone beberapa saat.
  2. Dari halaman “The new way to talk to Google”, tekan tombol CONTINUE.
  3. Selanjutnya, kita bisa memilih NO THANKS atau I AGREE pada halaman berikutnya, untuk mengatur apakah akan menggunakan perintah suara secara langsung atau tidak.
  4. Jika memilih NO THANK, kita tidak bisa menggunakan perintah suara saat Asisten Google belum menyala.
  5. Jika memilih I AGREE, kita bisa membuka Asisten Google dengan mengucapkan “OK Google” atau “Hi Google”.
  6. Selanjutnya ikuti masing-masing petunjuk dari opsi yang dipilih.

Setelah selesai mengaktifkannya, sekarang kita bisa menggunakannya sesuai preferensi yang dipilih. Secara umum, kita bisa menggunakan Asisten Google dengan menekan tombol Home beberapa saat seperti saat akan mengaktifkannya.

Namun bagi kamu yang mengaktifkan Voice Match seperti yang tertuang pada langkah 5, maka kita bisa mengaktifkan Asisten Google dengan menggunakan suara. Dalam hal ini, kita hanya perlu mengucapkan kalimat saktinya.

Cara Mengatur Asisten Google Agar Menggunakan Bahasa Indonesia

Selain Bahasa Inggris, Asisten Google juga mendukung banyak bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia di dalamnya. Selain aktif sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh sistem lokal dalam smartphone, kita juga bisa mengaturnya sesuai dengan kemauan kita.

Untuk mengganti bahasanya, buka Asisten Google lalu usap ke atas untuk menampilkan halamannya secara penuh. Selanjutnya, pilih tombol profile di pojok kanan atas, kemudian pilih Settings. Masuk ke tab Assistant lalu pilih Languages. Ketuk pada English (atau bahasa lainnya), lalu pilih bahasa yang akan digunakan.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Asisten Google di iOS

Untuk para pengguna perangkat dengan sistem iOS, terlebih dahulu kita harus memasang aplikasi Google, yang bisa diunduh melalui halaman App Store. Setelah terpasang, kita bisa membuka aplikasi tersebut untuk menggunakannya.

Atau jika tidak mau repot, kita juga bisa memanfaatkan bantuan dari Siri untuk membuka aplikasi tersebut. Namun sebelumnya, kamu harus menekan tombol Add to Siri yang muncul saat pertama kali membuka aplikasi tersebut. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengucapkan “Hey Siri. OK Google.”.

512
512