...
HP POPULER MINGGU INI

Tak Cuma Android, iOS Juga Jadi Sasaran Spyware Exodus

Telset | 10 Apr 2019 08:53
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Tak Cuma Android, iOS Juga Jadi Sasaran Spyware Exodus

Spyware bernama Exodus ternyata semakin merajalela. Setelah menyerang perangkat berbasis Android, virus tersebut sekarang merambah perangkat bersistem operasi iOS.

Menurut peneliti keamanan Lookout, spyware Exodus untuk iOS ditemukan di sejumlah situs phishing yang didesain khusus untuk menipu konsumen sejumlah operator seluler di Italia dan Turkmenistan.

Dari hasil temuan itu, Exodus untuk iOS adalah versi modifikasi dari Exodus untuk Android lewat sejumlah pengurangan. Jika sudah menginfeksi perangkat, Exodus bisa mencuri kontak, foto, video, dan rekaman audio.

Tak cukup itu saja, seperti dikutip Telset.id dari Engadget, Rabu (10/4/2019), informasi GPS dan lokasi perangkat pun ikut tercuri. Peretas bisa memanfaatkan spyware Exodus untuk merekam audio secara real time.

Lalu, adakah kesamaan antara spyware Exodus untuk iOS dengan Android? Ada. Kesamaannya adalah Exodus untuk iOS maupun Android sama-sama mengunggah data curian ke server serupa.

Spyware Exodus bisa menyebar ke iOS jika pengguna menginstal aplikasi selain di App Store. Peretas memanfaatkan sertifikat enterpris yang mendapat izin dari Apple agar bisa menginfeksi perangkat iOS milik pengguna.

Informasi terbaru menyebut, Apple sudah menarik izin sertifikat tersebut. Dengan kata lain, spyware Exodus untuk iOS seharusnya tak lagi bisa beroperasi. Sayang, pihak Apple belum memberi konfirmasi terkait hal ini. [SN/HBS]

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia