...
HP POPULER MINGGU INI

Teknologi Face Recognition Bisa Diakali, Begini Caranya

Telset | 21 Apr 2019 23:26
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Teknologi Face Recognition Bisa Diakali, Begini Caranya

Teknologi face recognition atau pengenalan wajah marak digunakan untuk membuka kunci smartphone atau menandai orang dalam sebuah foto. Keberadaannya memang memudahkan, namun juga membuat privasi semakin berkurang.

Untuk tetap memberi jarak dengan kehebatan teknologi yang sudah menjalar itu, agen intelijen memberi sedikit bocoran. Menurutnya, teknologi pengenal wajah “dapat diakali” dengan memakai kacamata hitam ukuran besar yang dapat menyamarkan mata dan alis.

Ia melanjutkan, seperti dilansir Express, fitur pengenal wajah bekerja dengan algoritma yang membentuk berbagai aspek wajah. Dengan teori tersebut, maka mengubah panjang alis, jarak antara mata, jarak antara mulut dan mata, bisa membantu mengelabuhinya.

“Jadi, lakukan apapun yang mengubah penampilan Anda agar tidak terbaca oleh algoritma. Memperpendek atau membuatnya lebih lebat akan menyulitkan teknologi pengenal wajah melanggar privasi orang. Pose tampak samping juga akan menyulitkan,” ucapnya.

Dengan kondisi saat ini, dikutip Telset.id, Senin (22/04/2019), keamanan data pun masih sangat rentan. Ketika pengenal wajah telah memiliki data seseorang, maka kemungkinan besar bisa disalahgunakan untuk kebutuhan tertentu tanpa pengetahuan pemiliknya.

“Jika Anda kembali ke hal-hal seperti WikiLeaks, tampaknya ada segala macam pelanggaran keamanan. Terlebih, keberadaan Dark Web menjadikannya sebagai wadah untuk menemukan banyak identitas seseorang. Jadi, saya kira ada potensi yang rentan diserang dan diambil,” katanya.

Setiap orang memiliki pandangan masing-masing tentang membagikan data pribadi ke publik. Banyak yang menganggap, menaruh banyak profil diri tidak menjadi masalah. Tapi, beberapa lain merasa hal ituberlebihan dan bisa menjadi sebuah ancaman bagi disi sendiri.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia